18 July 2008

Apa Kebiasaan Anda Setelah Makan?

Setiap orang memiliki kebiasaan yang berbeda-beda saat selesai makan. Ada yang hanya duduk diam, ada yang bersiul, ada yang langsung jalan-jalan, dan ada juga yang ke "belakang" (seperti saya....). Kebiasaan yang anda lakukan setelah makan merupakan hal yang tidak bisa lepas dari kehidupan anda, mengubah kebiasaan itu juga bukanlah hal yang mudah. Tapi apakah kebiasaan anda merupakan kebiasaan yang baik untuk kesehatan? Berikut ini adalah beberapa kebiasaan yang sebenarnya tidak baik untuk kesehatan tetapi tidak kita sadari.

1. Merokok
Ya, merokok adalah kegiatan yang paling sering dilakukan oleh perokok (namanya juga perokok, masak minum jus seeh?). Namun menurut penelitian, kerusakan dan penyakit pada tubuh sepuluh kali lebih banyak apabila anda merokok setelah makan, dibandingkan dengan anda merokok pada waktu lain. Jadi sebatang rokok yang anda habiskan setelah makan, sama dengan 10 batang rokok yang anda habiskan pada waktu lain. Kesimpulannya, cukup beli rokok 3 batang per hari. Kenapa? Selain menghemat uang, anda juga sudah melakukan cara yang paling efektif dengan menghisap 1 batang rokok sehabis sarapan pagi, makan siang dan makan malam. Kesimpulannya anda sudah merokok 30 batang dalam 1 hari. :D

2. Memakan Buah
Memakan buah setelah makan dapat menyebabkan perut anda terisi dengan udara. Solusinya adalah dengan memakan buah 1 jam sebelum atau sesudah makan.

3. Minum Teh
Kebiasaan untuk minum teh pada saat makan ataupun setelah makan, menyebabkan makanan yang kita cerna menjadi keras. Hal ini dikarenakan zat karbon yang dikandung daun teh bereaksi dengan protein yang ada pada makanan.

4. Melonggarkan Ikat Pinggang
Melonggarkan ikat pinggang setelah makan, dapat menyebabkan mulasnya lambung dan penyumbatan usus.

5. Mandi
Mungkin anda adalah orang yang memperhatikan kebersihan, tetapi kebiasaan mandi setelah makan dapat menyebabkan proses pencernaan menjadi lemah. Hal ini diakibatkan karena darah yang sebenarnya dibutuhkan oleh lambung, dialihkan ke ujung tangan dan ujung kaki.

6. Berjalan
Berjalan setelah makan dapat menyebabkan hal yang sama dengan kebiasaan mandi setelah makan. Karena darah yang dibutuhkan lambung untuk proses pencernaan, lebih banyak dialihkan ke ujung tangan dan ujung kaki.

7. Tidur
Kebiasaan ini merupakan salah satu kebiasaan saya setelah makan malam. Tidur setelah makan dapat mengakibatkan proses pencernaan menjadi tidak sempurna sehingga dapat menyebabkan kerusakan lambung dan radang usus.

0 komentar:

Kategori

Sahabat Karib

About Me

My Photo
Samuel Sahertian
Terlahir sebagai anak bungsu dari 4 bersaudara. Sering dipanggil dengan nama Sammy, kemudian pada bangku pendidikan lebih dikenal dengan nama Samiun. Kegemaran dari kecil adalah mengutak-atik barang-barang elektronik. Kegemaran itu berlanjut sampai pada suatu saat tersengat listrik dan akhirnya memilih mejadi musisi.
View my complete profile

Obrolan


Chat With Me

Money Changer

Donate Us To Improve The Blog

Komentar Terakhir

Posting Terakhir