22 October 2008

Mitos Domain

Domain .info tidak bisa bersaing di Google.
Google tidak mendiskriminasikan TLD (Top Level Domain) tertentu. Domain .info memiliki kesempatan yang sama dengan .com atau .net. Misalnya saja spain.info mendapatkan peringkat kedua di page rank dari pencarian spain (spanyol).

Situs multimedia lebih interaktif dengan .tv.
Domain .tv tidak memberikan kelebihan apapun seperti halnya domain domain lainnya. Domain .tv tidak akan membuat video atau multimedia menjadi lebih diprioritaskan oleh Google ataupun meningkatkan kualitas situs itu sendiri.

Jika Anda ingin situs dapat diakses dengan seluler atau PDA, pakai .mobi.
Domain .mobi tidak menjamin sebuah situs pasti dapat dijalankan di telepon seluler atau PDA. Begitu pula domain laun bukan berarti tidak dapat dijalankan di telepon seluler atau PDA. Yang mempengaruhi apakah suatu situs dapat dijalankan atau enak dinavigasi di gadget-gadget tersebut adalah desainnya, terutama penggunaan XHTML dan CSS yang tervalidasi oleh W3C.

Domain yang lebih pendek jauh lebih baik dari domain panjang.
Hal ini tidak benar. Walau domain yang pendek lebih diingat, sebagian besar trafik situs berasal dari klik di situs pencarian atau situs-situs lain, terutama situs sosial. Yang lebih penting adalah bagaimana nama domain mencerminkan isi dan dengan demikian membantu domain ditemukan dalam situs pencarian.

Domain .com jauh lebih superior dari domain lain.
Kelebihan domain .com hanyalah faktor seberapa umum domain ini dipakai. Penggunaan domain-domain umum tidak mempengaruhi trafik yang anda dapat, lihat saja di del.icio.us dan blo.gs yang menggunakan ccTLD.

Merek dagang harus didaftar di semua TLD yang ada.
Hal ini hanya membuang waktu dan uang. Bayangkan saja seberapa banyak TLD yang ada di dunia dan kesalahan ketik yang dapat terjadi untuk mengakses suatu merek. Walau kasus-kasus typo-squatting terdengar mengerikan, sebenarnya situs palsu tidak selalu populer dan tidak sesulit itu untuk menutup situs palsu. Bahkan tindakan untuk membeli domain-domain secara berlebihan, terutama pada suatu jenis produk dapat dianggap praktik monopoli.

Memiliki situs yang sama dengan nama merek dagang lain melanggar merek dagang tersebut.
Suatu merek dagang memiliki perusahaan atau lembaga lain tidak dilanggar selama situs tidak menjual produk yang sama, mereferensikan situs lain yang menjual produk sama, atau membuat situs seakan milik dari pemilik merek dagang.

Domain di Virtual host mengurangi tingkat revelansi pada Google.
Sebuah domain yang memakai virtual host ataupun dedicated IP mendapatkan tempat yang sama pada Google, kecuali jika ISP tidak mengkonfigurasi virtual host dengan baik. Google tidak akan mendiskriminasi suatu situs karena alamat IPnya, kecuali jika sejumlah besar situs pada alamat IP yang sama digunakan untuk sekedar mereferensi situs yang sama.

Mencantumkan domain di Gmail dapat meningkatkan pagerank.
Mencantumkan domain dari atau ke gmail tidak dapat meningkatkan pagerank. Bot yang dipakai pada gmail berbeda dengan bot yang dipakai pada google untuk mengumpulkan pagerank.

Mendaftarkan banyak domain untuk satu situs dapat meningkatkan pagerank.
Banyak domain untuk satu situs, sebaliknya dapat menurunkan pagerank. Namun, dua hingga tiga domain untuk satu situs masih merupakan angka yang aman.

Memiliki domain di provider yang banyak digunakan untuk situs blacklist menurunkan pagerank.
Nilai domain anda tidak akan turun dengan kurangnya kebijakan penyedia domain membatasi penggunaan domainnya. Tidak masalah jika domain anda 'bertetangga' dengan situs-situs underground, spam, atau pronografi. Namun link ke dan dari situs-situs semacam itu dapat menurunkan pagerank anda.


Disadur kembali dari Computing Channel, ditulis oleh rosiana.dharmadi@computingchannel.co.id.

0 komentar:

Kategori

Sahabat Karib

About Me

My Photo
Samuel Sahertian
Terlahir sebagai anak bungsu dari 4 bersaudara. Sering dipanggil dengan nama Sammy, kemudian pada bangku pendidikan lebih dikenal dengan nama Samiun. Kegemaran dari kecil adalah mengutak-atik barang-barang elektronik. Kegemaran itu berlanjut sampai pada suatu saat tersengat listrik dan akhirnya memilih mejadi musisi.
View my complete profile

Obrolan


Chat With Me

Money Changer

Donate Us To Improve The Blog

Komentar Terakhir

Posting Terakhir