27 March 2009

Folding@Home, Komputer Anda Demi Kemanusiaan.

Folding@Home adalah suatu proyek penelitian yang dilakukan oleh Universitas Stanford, mengenai siklus pelipatan protein untuk mempelajari berbagai kemungkinan pengaruhnya terhadap penyakit dan penyembuhannya. Proyek ini dilakukan dengan cara Distributed Computing, yaitu data penelitian disebarkan ke banyak client dalam ukuran kecil, sehingga penelitian bisa lebih cepat dilakukan.
Bergabung dalam Folding@Home berarti menyediakan resource komputer Anda untuk ikut serta dalam proyek tersebut. 

Dimulai dengan mendownload suatu program (client), yang akan menerima paket data (Work Unit) yang perlu diproses oleh client. Setelah proses selesai, Work Unit akan dikirim kembali ke server Stanford, dan Anda akan memperoleh nilai (point) untuk pekerjaan yang telah Anda lakukan.Client memerlukan koneksi internet hanya pada saat menerima WU ataupun mengirim WU, selebihnya bisa dikerjakan Offline.

Sampai dengan saat ini, para penyedia resource komputer di Indonesia untuk F@H sudah cukup banyak. Mereka pun bergabung dengan berbagai macam tim yang ada di Folding@Home. Saya sendiri bergabung dengan tim CHIP Folding Fellow yang sudah menembus 80 besar dunia. Folding@Home pun dapat dikerjakan oleh Processor (single maupun multiple core), GPU, maupun PS3.

Tim CHIP Folding Fellow sendiri telah memiliki delapan ratus lebih anggota dan akan terus bertambah. Para anggota ini telah menyediakan resource komputer untuk membantu penelitian terhadap siklus pelipatan protein untuk misi kemanusiaan. Anda dapat bergabung dengan Tim CHIP Folding Fellow hanya dengan memasukkan "Team ID" dengan angka "38608", tentunya setelah anda mendownload client terlebih dahulu. Jika anda memiliki resource di PC yang berlimpah, tidak ada salahnya anda menyumbangkan sedikit resource komputer anda demi kemanusiaan.

2 komentar:

molen said...

nice info

solid_snake said...

kalau berminat, boleh daftar....
Gw pake id Solid_Snake.ID.

Kategori

Sahabat Karib

About Me

My Photo
Samuel Sahertian
Terlahir sebagai anak bungsu dari 4 bersaudara. Sering dipanggil dengan nama Sammy, kemudian pada bangku pendidikan lebih dikenal dengan nama Samiun. Kegemaran dari kecil adalah mengutak-atik barang-barang elektronik. Kegemaran itu berlanjut sampai pada suatu saat tersengat listrik dan akhirnya memilih mejadi musisi.
View my complete profile

Obrolan


Chat With Me

Money Changer

Donate Us To Improve The Blog

Komentar Terakhir

Posting Terakhir