02 April 2009

Dasar Dalam Bermain Billiard

Sering kali kita bermain billiard terlalu santai, kadang justru terlalu serius. Terkadang ragu-ragu, terkadang terlalu banyak menganalisa. Hal-hal ini tentunya akan menjadi penghambat anda untuk maju karena kekecewaan yang terkadang datang saat pukulan yang dieksekusi tidak sempurna. Berikut ini beberapa tips dasar dalam bermain billiard yang saya dapat dari beberapa rekan dan instruktur saya.

  1. Pada saat anda memukul bola untuk pertama kalinya, usahakan untuk memberi perhatian lebih untuk bola tersebut walaupun bola tersebut terlihat gampang. Hal ini sangat penting untuk menemukan akurasi dan ritme permainan anda. Terkadang hal ini diabaikan, sehingga muncul kata-kata "terlambat panas' dalam bermain.
  2. Temukan mata dominan anda (nantinya akan saya bahas kemudian) dan visualisasikan titik kontak dengan bola sasaran. Gunakan siku anda sebagai titik ayun bukan bahu anda sebagai titik ayun, oleh karena itu siku harus diangkat sehingga setidaknya hampir sejajar dengan bahu dan membentuk sudut 90 derajat. Hal ini akan membuat ayunan anda lebih lurus dan sempurna.
  3. Tangan yang digunakan sebagai bridge (jembatan atau sering disebut kuda-kuda) harus kokoh dan dalam keadaan diam/tidak goyang. Walaupun ayunan anda sempurna tetapi bridge anda goyang, akan mempengaruhi titik pukul pada bola putih sehingga bola tersebut bisa saja melenceng dari titik kontak yang kita inginkan. 
  4. Posisi kaki anda harus sempurna dalam hal menjaga keseimbangan dan arah ayunan. Posisi kaki kiri anda seharusnya berada didepan kaki kanan anda (apabila anda memukul dengan menggunakan tangan kanan). Jadi usahakan menentukan titik kontak dengan bola sasaran, kemudian atur posisi kaki anda (satu kaki berada di depan dan yang satu berada di belakang) untuk menjaga keseimbangan anda, setelah itu barulah anda  meletakkan tangan yang anda gunakan sebagai bridge.
  5. Bola dan ujung tip dari stick billiard merupakan benda-benda yang berbentuk kurva, oleh karena itu selalu gunakan chalk sebelum mengeksekusi setiap pukulan sehingga misscue dapat terhindari.
  6. Gunakan kekuatan pukulan secukupnya untuk setiap pukulan. Artinya anda harus menyesuaikan kekuatan setiap pukulan anda untuk setiap pukulan yang akan anda eksekusi. Tidak selamanya harus memukul dengan keras, dan tidak selamanya harus memukul dengan pelan.
  7. Jika menggunakan english (terkadang disebut efek) jangan sesekali mengayunkankan stick/cue ke arah samping, tetapi ayunlah secara sempurna (lurus dengan arah titik kontak). Oleh karena itu perbiasakan setelah meletakkan bridge barulah menggeser titik pukul (untuk mengaplikasikan english/efek).
  8. Disaat akan mengeksekusi pukulan, tetapkan dimana anda akan memukul, seberapa besar tenaganya, dan dimana titik pukulnya. Jangan memikirkan alternatif lain disaat anda sedang mengayun stick/cue. Terkadang disaat memukul sering muncul beberapa hal di pikiran, seperti "kurang ke kiri/kanan", "kayaknya keras/lemah saja pukulnya", dll. Hal inilah yang harus anda hindari.
  9. Selalu berlatih dengan mengeksekusi pukulan-pukulan yang anda anggap sulit berkali-kali sampai anda bisa.  Latihlah draw shoot dengan jarak yang cukup jauh, dan juga mantapkan pukulan masse dan jump shoot anda.
  10. Nikmati permainan. Jangan tegang disaat bermain, karena ketegangan tersebut dapat membuat anda menganalisa pukulan dengan terlalu ekstrim dan terkesan berhati-hati dalam mengeksekusi pukulan, sehingga pukulan anda menjadi buruk dan anda akan menjadi terbeban.

Sekian dulu tips dari saya, apabila ada yang ingin mengoreksi ataupun menambahkan, silahkan saja. Semoga berguna. Terima kasih.

1 komentar:

Maya O.Z.K said...

thx for sharing tips ini.. selama ini main2 aja gk merhatiin dasar2nya..

Kategori

Sahabat Karib

About Me

My Photo
Samuel Sahertian
Terlahir sebagai anak bungsu dari 4 bersaudara. Sering dipanggil dengan nama Sammy, kemudian pada bangku pendidikan lebih dikenal dengan nama Samiun. Kegemaran dari kecil adalah mengutak-atik barang-barang elektronik. Kegemaran itu berlanjut sampai pada suatu saat tersengat listrik dan akhirnya memilih mejadi musisi.
View my complete profile

Obrolan


Chat With Me

Money Changer

Donate Us To Improve The Blog

Komentar Terakhir

Posting Terakhir