03 April 2009

Temukan Mata Dominan Anda

Kali ini saya akan membahas tentang bagaimana caranya untuk menemukan mata dominan kita. Sebagian besar orang (sekitar 96% populasi dunia) mempunyai mata dominan, yaitu mata yang paling sering digunakan sebagai patokan oleh mata yang lain dalam hal pencitraan. Saat kita melihat suatu benda, otak anda akan mengambil gambar dari tiap-tiap mata kita dan kemudian menggabungkannya sehingga menghasilkan gambar ke tiga (gambar ke tiga inilah yang selalu kita gunakan). Didalam permainan billiard, mata dominan sangat penting untuk menemukan titik pukul, karena mata dominan mempunyai kekuatan yang lebih dibandingkan dengan mata yang lain. Pertama kali saya bermain billiard, saya sering mensejajarkan mata kiri saya dengan cue disaat mengeksekusi pukulan. Waktu itu pukulan saya biasa saja, namun setelah menemukan mata dominan saya, akurasi pada titik kontak meningkat dengan pesat. Untuk itulah anda perlu menemukan mata dominan anda.

Pertama-tama, carilah tempat dimana terdapat tiang atau benda-benda yang berdiri tegak (vas bunga, botol, dsb). Setelah itu, ancungkan jempol tangan kanan anda ke arah benda tegak tersebut dan posisikan jempol anda sejajar dengan hidung anda. Mulailah mundur perlahan-lahan sampai jempol anda dapat menutupi bayangan benda tegak tersebut dan usahakan benda tegak tersebut tidak terlalu kecil bayangannya dari jempol anda (sedikit lebih kecil saja). Setelah anda menemukan jarak yang tepat dimana bayangan benda tegak sedikit lebih kecil dari jempol anda (jangan terlalu kecil). Mulailah menutup salah satu mata anda (terserah mana yang duluan), lalu bandingkan gambar dari tiap-tiap mata yang digunakan. Anda akan menemukan salah satu mata yang melihat jempol anda masih sejajar atau setidaknya sedikit bergeser dari benda tegak tadi, dan juga mata lainnya yang melihat jempol anda jauh di samping/sama sekali tidak menutupi benda tegak tadi. Nah, mata yang dapat melihat dengan pergeseran yang tidak terlalu jauh itulah mata dominan anda. Masih kurang yakin? Gunakan tangan jempol tangan kiri anda untuk menutupi benda tegak tersebut, dan carilah mata dominan anda. Sama kan? :)

1 komentar:

Maya O.Z.K said...

bru tau niy, menarik infonya, saya coba dlu ya mas.. :D

Kategori

Sahabat Karib

About Me

My Photo
Samuel Sahertian
Terlahir sebagai anak bungsu dari 4 bersaudara. Sering dipanggil dengan nama Sammy, kemudian pada bangku pendidikan lebih dikenal dengan nama Samiun. Kegemaran dari kecil adalah mengutak-atik barang-barang elektronik. Kegemaran itu berlanjut sampai pada suatu saat tersengat listrik dan akhirnya memilih mejadi musisi.
View my complete profile

Obrolan


Chat With Me

Money Changer

Donate Us To Improve The Blog

Komentar Terakhir

Posting Terakhir