08 May 2009

Memilih Stick Billiard

Memilih stick billiard memang gampang-gampang susah. Beberapa pemain pemula seringkali berpikir bahwa stick yang mahal adalah stick yang terbaik atau paling bagus. Hal ini belum tentu benar dan belum tentu salah. Ada beberapa faktor yang membuat stick billiard menjadi mahal, oleh karena itu anda mungkin saja dapat mempertimbangkan beberapa faktor yang seringkali membuat sebuah stick billiard menjadi mahal.

Faktor yang pertama adalah kelangkaan material dasar dari stick billiard tersebut. Stick billiard terbuat dari berbagai macam jenis kayu bahkan fiberglass. Sampai saat ini, kayu masih menjadi pilihan terbaik sebagai material dasar sebuah stick billiard. Seperti halnya meubel, jenis kayu pun dapat mempengaruhi 2 hal, yaitu kelenturan dan keindahan. Kayu yang berbeda jenis, tentu saja memiliki kekuatan maupun kelenturan yang berbeda walaupun memiliki ukuran dan diameter yang sama. Begitu jua dengan jenis kayu yang "eye catching" seperti birdseye mapple maupun snakewood, membuat sebuah stick billiard bisa menjadi mahal.

Faktor yang kedua adalah motif dari stick billiard tersebut. Motif yang digunakan tentu saja berbeda untuk setiap seri stick. Ada yang menggunakan abalone, batu turqoise, perak, emas, dan lain sebagainya. Selain itu, bagian butt tempat kita memegang stick tidak selalu harus terbuat dari benang (irish linen) tetapi dapat juga terbuat dari kulit binatang.

Faktor ketiga adalah proses produksi dari stick tersebut. Teknologi yang dipakai untuk membuat sebuah stick tentu saja membuat harga sebuah stick menjadi lebih mahal, entah karena penelitian, faktor presisi dengan menggunakan mesin/robot, maupun karena dikerjakan langsung oleh pengrajin stick yang terkenal.

Beberapa faktor tersebut tentunya akan menjadi pertimbangan masalah dana saat membeli sebuah stick. Nah, sekarang bagaimanakah memilih stick yang cocok untuk saya? Saran saya untuk pertama kali, jangan langsung membeli stick yang mahal, cukup membeli stick dengan harga yang tidak melebihi 2 juta rupiah. Kenapa? Karena setelah membeli stick tersebut, permainan anda tentunya akan mengalami peningkatan. Disaat mengalami peningkatan, tentu saja anda akan mulai dapat memperhatikan hal yang anda sukai dan yang tidak anda sukai dari stick tersebut. Didalam memilih stick billiard juga terdapat beberapa point yang harus diperhatikan sebelum anda membeli stick tersebut, yaitu:

Berat dari stick tersebut. Cobalah untuk mengangkat sebuah stick untuk beberapa saat. Apabila terasa berat atau terlalu ringan, cobalah tanyakan kepada penjual, berapa berat stick yang sedang anda pegang. Cobalah stick dengan berat yang berbeda, sampai anda menemukan berat stick yang cocok untuk anda.

Titik berat stick. Setelah menemukan berat yang tepat untuk sebuah stick carilah stick dengan titik berat yang paling nyaman untuk anda. Stick buatan eropa biasanya memiliki titik berat yang seimbang sedikit ke bagian butt, sedangkan buatan asia beratnya condong kearah butt.

Diameter shaft. Shaft tentu saja akan berada pada kuda-kuda/bridge sewaktu akan memukul. Beberapa rekan saya justru lebih memilih diameter yang besar pada bagian shaft, sedangkan saya sendiri lebih cenderung memilih shaft yang memiliki diameter yang agak kecil. Oleh karena itu cobalah beberapa shaft yang berbeda.

Point diatas akan membantu anda untuk menemukan stick yang nyaman untuk anda. Sehingga stick pertama anda akan membuat anda setidaknya lebih betah dalam belajar. Dengan demikian bukan anda yang menyesuaikan diri dengan stick, tetapi anda telah memilih stick yang sesuai dengan kemauan anda.

Selamat memilih stick billiard anda yang pertama. Di kesempatan yang akan datang, saya akan membahas pemilihan stick lebih lanjut. Selamat Berbelanja :)

12 komentar:

hendra said...

waduh sayangnya aku ga bisa main bilyard..
hehehe

yos said...

btw, rata2 panjang stik billiard brp cm ya ?

Samuel Sahertian said...

panjang normalnya berkisar di 1,5 meter. Biasanya bisa di pesan yang agak panjang atau yang pendek (junior), tergantung tinggi badan.

saifudinhidayat said...

klik disini

Ari said...

Heee,...
suka ke tempat bilyard cuma ngecengin ceweknya doang...
ki..ki.ki..ki..

hanung665 said...

om, saya baru belajar main bilyard nih, butuh kosultasi buat nubie banget..

ada ym/gtalk ga? add me yah
ym/gtalk : hanung665

terimakasih

mr doctor said...

untuk melakukan bola efek yang baik, sebaiknya menggunakan shaft yang besar atau yang kecil?

untuk break sebaiknya menggunakan stick yang beratnya berkisar berapa?

Samuel Sahertian said...

Untuk masalah diameter shaft, tergantung selera (ada yang prefer 13 mm, gw lebih ke 12.75 mm). Klu untuk kencangnya putaran bola waktu ngefek, tergantung tenaga, shaft, dan tip.
Klu untuk break, sebaiknya memakai stick yang agak ringan sekitar 1oz dari playing stick kita (gw pake 18oz karena stick mainnya 19oz). Klu gw lebih mengandalkan akselerasi ayunan tangan dan gerakan tubuh daripada beratnya stick.

Bocah said...

Bos... gw di kal-bar, punya info toko billiard yang barangnya ok dan terpercaya ga??? Trus kalo bs tokonya jg bisa ngirim brngnya sampe rumah... Ada g ya??
Thanx b4

ocke said...

Untuk produk handmade....menggunakan kayu jati bagus ngak...???
yg paling bagus kayu jenis apa...???

Santun Butar. Com said...

Klau buat bola efek lbih baik yg shaf kecil.
Klau utk break yg berat sekitar 550 grm-600 grm.

Santun Butar. Com said...

Klau buat panjangny yg ideal sih dikurang 20 cm dr tinggi badan.

Kategori

Sahabat Karib

About Me

My Photo
Samuel Sahertian
Terlahir sebagai anak bungsu dari 4 bersaudara. Sering dipanggil dengan nama Sammy, kemudian pada bangku pendidikan lebih dikenal dengan nama Samiun. Kegemaran dari kecil adalah mengutak-atik barang-barang elektronik. Kegemaran itu berlanjut sampai pada suatu saat tersengat listrik dan akhirnya memilih mejadi musisi.
View my complete profile

Obrolan


Chat With Me

Money Changer

Donate Us To Improve The Blog

Komentar Terakhir

Posting Terakhir